Menguji kekuatan kertas

Taukah anda seberapa kuatnya kertas menahan beban jika kertas jika disusun dengan tepat, pernakah anda melakukan uji coba mengukur kekuatan kertas, jikalau tidak tahu dan belum pernah, tidak ada salahnya apabila anda membaca artikel ini yang akan membahas percobaan mengetahui kekuatan kertas.

Pada pembahasan kali ini, akan menguji kekuatan kertas untuk menahan beban berat, seberapa berat kertas mampu menahan ? Sebelum menguji kekuatan kertas, terlebih dahulu kita melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Siapkan kertas, kemudian potong menjadi 6 bagian, kemudian tiap-tiap bagian mempunyai panjang 25 cm dan lebar 3 cm. Anda bisa melihat contoh potongan kertas yang ada pada gambar di bawah ini.
  2. Setelah memotong kertas, langkah selanjutnya adalah menggulung semua kertas, kertas digulung dengan rapi dan kuat, selanjunya rekatkanlah kertas tersebut menggunakan solasi atau bisa juga menggunakan lem kertas.
  3. Setelah gulungan kertas sudah jadi, maka langkah selanjutnya menyiapakan papan kayu persegi panjang, untuk contoh ukuran kayu dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
  4. Setelah papan kayu siap, maka selanjutnya menyusun gulungan kertas tersebut dengan rapi dan setelah disusun di atasnya diletakan papan kayu tersebut, 6 gulungan kertas di letakan pada bagian yang panjang dari papan kayu. Untuk Lebih jelasnya bisa melihat contoh pada gambar di bawah ini.
  5. Setelah kertas dan papan kayu sudah siap, saatnya menaruh beban pada papan kayu untuk mengetahui kekuatan kertas tersebut. Pada tutorial kali ini, pertama-tama kertas diuji mengunakan besi yang mempunyai berat 32 kilo, jikalau dilihat dari gambar di bawah ini kertas masih mampu untuk menahan beban 32 kilo.
  6. Selanjutnya kertas diuji menggunakan 2 besi yang masing-masing mempunyai berat 24 kilo jadi totalnya 48 kilo, akan tetapi jika anda perhatikan gambar dibawah ini,  kertas masih mapu untuk menahan beban 64 kilo.
  7. Kertas diuji juga dengan beban manusia yang mempunyai berat 60 kilo, akan tetapi gulungan kertas terebut masih mampu untuk menahan berat manusia. Lantas seberapa maksimal gulungan kertas mampu untuk untuk menahan beban ? jika anda ingin mengetahui anda dapat melakukan percobaan sendiri.

Kesimpulan : kertas jika digulung dengan tepat dan diberi papan kayu dapat menahan beban 60 kilo

Demikian tadi percobaan menguji kekuatan kertas, bagi anda yang belum mengetahui semoga bermanfaat bagi anda. Selamat berkreativitas dan sampai jumpa lagi .....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menguji kekuatan kertas"

Posting Komentar